Rabu, 26 Desember 2012

REVIEW: ABSTRACT DAN PENDAHULUAN (Jurnal 3)

Diposting oleh Taty saeng G di 22.26

REVIEW

MENINGKATKAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM
PERKULIAHAN EKONOMI KOPERASI MELALUI PENDEKATAN
CONTEXTUAL TEACHING
AND LEARNING
Oleh
Y.M.V. Mudayen dan P.A. Rubiyanto

ABSTRACT DAN PENDAHULUAN


NAMA       :  TATY HARLINI MANURUNG
NPM          :  28211269


ABSTRACT


This research aimed to increase the participation of university students in Cooperalion Economy subject through the approach of Contextual Teachino, and Learning by method of task giving and survey method to cooperation. This research included the class activity research which was conducted in July to October 2007 by involving 32 university students.
The activeness of university students submitting question by their initiative in cycle I in first meeting 15,625% and the second meeting of 20%. Meanwhile the cycle 2 in first meeting is 19,35% and the second meeting is 24,14%. Tine appropriateness in conducting exploration (making mind map, conduct any tasks) in cycle 1, the first meeting is 25% and the second meeting is 37, 5% whereas the cycle 2, the first meeting is 50% and the second meeting is 50%. Interaction inter university students in the group in cycle 1, the first meeting is 46,875% and in second meeting is 56,67%, whereas the cycle 2, first meeting is 54,84% and second meeting is 75,86%. The ability of university students to make mind map and the relation between concepts in cycle 1, first meeting is 25% and in second meeting is 62,5%, whereas cycle 2, first meeting is 75% and in second meeting is 75%. The appropriateness in explaining mind map and the relation between concepts in cycle 1, first meeting is 50% and the second meeting is 75%, whereas in cycle 2, first meeting is 66,67% and in second meeting is 75%. The willingness and the bravery in answering questions which are submitted by the lecturer with their initiative in cycle 1, first meeting is 6,25% and in second meeting is 10%, whereas cycle 2 first meeting is 9,06% and second meeting is 13,79%.

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah
Mengingat penyebab utama kurangnya partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Ekonomi Koperasi berkaitan dengan masalah kekeliruan memilih pendekatan pembelajaran maka team peneliti sepakat untuk memilih Pendekatan pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau biasa disingkat CTL. Pendekatan ini dipilih karena team peneliti ingin merancang pembelajaran secara kontekstual, sehingga mahasiswa tidak hanya mengetahui Iconsep-konsep tentang Ekonomi koperasi yang diajarkan oleh dosen, tetapi pengelolaan koperasi yang sesungguhnya. Pendekatan pembelajaran CTL bersifat induktif mulai dari pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari lalu dihubungkan dengan materi yang dibahas.
Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka team peneliti sepakat melaicukan penelitian dengan judul: "Meningkatkan partisipasi Mahasiswa Dalam perkuliahan Ekonomi Koperasi Melatui Pendekatan Contextual Teaching and Learning". Secara umum penelitian tindakan ini hendak memecahkan masalah: Bagaimana metode menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning sehingga partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Ekonomi Koperasi dapat ditingkatkan ?

2. Tujuan penelitian
Sesuai dengan peruniusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan Ekonomi Koperasi rnelalui pcndekatan Contextual Teaching and Learning dengan metode pemberian togas dan metode survey.

****


LANDASAN TEORI

Contextual Teaching and Learning

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah konsep pembelajaran yang membantu pendidik mcnghuhungkan mata kuliah dengan situasi dunia nyata dan memotivasi peserta didik agar menghubungkan pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat (Blanchard, 2001 dalam Purnomo, dkk, 2005: 39).
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada hakikatnya membantu pendidik (doses) mengaitkan mater' yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik (mahasiswa) dan mendorong peserta didik (mahasiswa) menerapkannya dengan kehidupan mereka schani-ha' (Depdiknas, 2003: 5). Pembelajaran kontekstual melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), dan penilaian otcntik (authentic assessment).
Pembelajaran Kontekstual memiliki motto: "Students learn best by actively constructing their own understanding". Pembelajaran dalam pendekatan CTL yang dianggap berhasil adalah jika mengikuti prinsip-prinsip berikut (Pumomo, dkk, 2005: 40):
  1.  Belajar Berbasis Masalah/Kasus (Case-Based Learning)
  2.  Pengaiaran Autentik (Authentic Instruction)
  3. Belajar Berbasis Inquiri (Inquiry Based Learning)
  4. Belajar Berbasis Proyek/Tugas Terstnik-tur (Project Based Learning)
  5. Belajar Berbasis KerJa (Work Based Learning)
  6. Belajar Jasa Layanan (Service Learning)
  7. Belajar Bekerja Sama (Cooperative Learning)


CTL memiliki tujuh pilar yang disusun agar belajar menjadi lebih hidup (Pumomo, dkk, 2005: 40- 44). Kctujuh pilar tersebut :
  • Konstuktivis (Constructivism)
  • Menemukan (Inquiry)
  • Bertanya (Questioning)
  • Masyarakat Belajar (Learning Community)
  • Pemodelan (Modeling)
  • Refleksi (Reflection)
  • Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
  • Partisipasi


Terry (1986: 68), mengemukakan bahwa partisipasimencalcup unsur keilcutsertaan seseorang balk secara fisik, mental, maupun emosional dan unsur dorongan untuk bertanggung jawab dalam rangka mewujudkan tujuan bersama. Partisipasi didasarkan atas prinsip psikologis bahwa orang lebih termotivasi ke arah tujuan, dan orang tersebut ikut membantu menetapkannya. Orang akan lebih menaruh perhatiannya dalam keputusan-keputusan pemecahan-pernecahan problem dan orang tersebut ikut terlibat dalam menetapkan keputusannya.

****

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos