Selasa, 22 Mei 2012

istana Maimun kota Medan

Diposting oleh Taty saeng G di 19.03

Istana Maimun terletak di Jl. Brigjen Katamso, Medan. Konon critanya istana Maimun adalah sebuah istana tua peninggalan salah satu warisan budaya Melayu (kerajaan Deli) . 
Istana ini menjadi salah satu icon kota Medan yang terkenal di Indonesia dan bahkan di dunia. Istana ini didirikan oleh Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah.


Istana ini terdiri dari dua lantai dan terbagi dalam 3 bagian. 
Bagian tersebut adalah bagian induk, bagian sayap kiri, dan bagian sayap kanan. Daya tarik utama istana ini adalah desain interior istana yang merupakan perpaduan antara tradisi islam dan kebudayaan Eropa. Konon ceritanya material pokok bangunannya berasal dari Eropa.

Atap istana berbentuk lengkungan yang menyerupai perahu terbalik menjadi unsure islam yang indah. Lengkungan dikenal sebagai pilar lengkungan Persia yang banyak dijumpai pada bangunan timur Tengah, Turki dan India. Balairung (ruang utama) istana terdiri dari 20 kamar tidur dan 4 kamar mandi, gudang, dapur dan  penjara kecil. 
Karena warna kuning adalah warna kebesaran budaya melayu maka warna yang paling dominan di ruangan ini adalah warna kuning. Balairung juga berfungsi untuk acara penobatan sultan atau acara adat lainnya. Selain itu ruangan ini digunakan juga sebagai tempat sultan menerima sembah sujud dari anggota keluarga pada hari besar. 

Ini adalah satu"nya foto yang masih ada. 4 tahun yg lalu aku bersama keluarga :))

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos