Minggu, 31 Mei 2015

Akuntansi Internasional - Kasus

Diposting oleh Taty saeng G di 21.39

Kelompok 5                     : Myanmar
Nama                                : 1. Ali
                                            2. Nurul Aulia Rahmah
                                            3. Nurulita Indriani
                                            4. Reggy Giffari
                                            5. Senda Rusgiana
                                            6. Taty Harlini Manurung
Materi                               : BAB 5 



Kasus
5.1  Novartis
            Tampilan 5.5 menyajikan laporan baru terbatas dari laporan keuangan tahunan novartis tahun 2005, merekonsiliasi laba rugi bersih dan ekuitas pemegang saham dari IFRS ke GAAP AS.
Diminta :
1.      Identifikasi 3 perbedaan prinsip akuntansi IFRS/GAAP AS yang menyebabkan perbedaan yang paling besar dalam laba rugi bersih Novartis 2005 yang disiapkan sesuai dengan kedua susunan prinsip akuntasi tersebut.
Jawab:
Perbandingan laporan laba rugi konservatif dengan laba rugi komprehensif :
a.       Laba komprehensif lebih menyeluruh. Laba komprehensif mencakup perubahan ekuitas pemilik dalam jangka waktu yang ditetapkan lebih lengkap dari pada hanya menambahkan investasi dari pemilik dan didistribusikan kepada pemilik. Ini terdiri dari dua bagian, lababersih, laba dari laba tradisional yang terlihat, dan laba komprehensif lainnya yang tidak termasuk laba komprehensif tradisional.
b.      Dasar perspektif dari laba komprehensif adalah aset dan kewajiban bukan pendapatan dan biaya, laba komprehensifmengaplikasikan perpektif aset-liabilitis untuk mengakui laba, dibandingkan dengan perpektif pendapatan dan biaya yang diaplikasikan di laba tradisional.
c.       Aspek pengukuran tidak sebatas hanya biaya historis saja, namun harga pasar juga dapat digunakan sebagai optional GAAP AS menggunakan prinsip laba/rugi yang konservatif, artinya Prnsip laporan laba/rugi yang digunakan GAAP AS masih bersikap mepertahankan keadaan, kebiasaan, dan tradisi yang berlaku di Amerika Serikat. Sedangkan IFRS menggunakan prinsip laba rugi yang komprehensif, maksudnya adalah laporan laba rugi disajikan secara lengkap artinya total perubahan aktiva bersih (ekuitas) perusahaan selama satu periode, yang berasal dari semua transaksi dan kegiatan lain dari sumber selain sumber yang berasal dari pemilik. Atau dengan kata lain, laba komprehensif terdiri atas seluruh perubahan aktiva bersih yang berasal dari transaksi operasi.

2.      Masuk ke situs Novaartis (www.Novartis.com) dan lihat catatan 34 dalam laporan tahunan 2005. Masing-masing dari 3 perbedaan tersebut teridentifkasi berada dalam ketentuan satu, disuksikan:
a.       Perlakuan dalam IFRS
b.      Perlakuan dalam GAAP AS
c.       Pengaruh perbedaan prinsip akuntansi pada Novartis dalam laporan laba bersih tahun 2005 dan 2004.
d.      Evaluasi ke-2 cara (IFRS versi GAAP AS), perlakuan mana yang anda yakini lebih memberikan informasi yang bermanfaat ?

Jawab:
a.       Perbedaan pengakuan. perbedaan dalam kriteria pengakuan dan / atau pedoman berkaitan dengan:
1.      apakah item diakui atau tidak (apakah suatu standar menyatakan bahwa suatu item tersebut harus diakui dalam laporan keuangan, atau sebaliknya),
2.      bagaimana item tsb diakui, dan / atau
3.      kapan item tsb diakui (perbedaan waktu).
b.      Perbedaan pengukuran. perbedaan dalam pendekatan untuk menentukan jumlah yang diakui yang dihasilkan baik dari:
1.      perbedaan dalam metode yang dipakai/diharuskan dipakai atau
2.      perbedaan dalam pedoman rinci untuk menerapkan method serupa.
c.       Perbedaan presentasi. ada perbedaan dalam penyajian materi dalam laporan keuangan (apakah formatnya sama atau tidak).
d.      Perbedaan pengungkapan. perbedaan dalam informasi yang disajikan dalam catatan atas laporan keuangan yang terkait dengan:
1.      apakah pengungkapan diperlukan atau tidak, dan
2.      cara di mana pengungkapan ini harus dibuat.

3.      Apakah pembahasan perbedaan antara IFRS dan GAAP AS dalam catatan 34 memberikan informasi yang cukup bagi pembaca laporan keuangan untuk dibandingkan dalam kedua ketetapan prinsip akuntansi tersebut ? berikan respon anda.
Jawaban:
            Menurut kami jika kami sebagai pembaca laporan keuangan dengan melihat catatan 34 perbedaan IFRS dan GAAP cukup dapat dipahami, hal (73) laporan keuangan IFRS terdiri atas neraca gabungan, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas ( atau laporan laba rugi dan pengeluaran yang diakui ) dan catatan penjelasan .ungkapan catatan harus mencangkup: Kebijakan akuntansi yang diikuti. Penilaian yang dibuat oleh manajemen dalam menerapkan kebijakan akuntansi yang penting. Asumsi utama mengenai masa depan dan sumber – sumber penting tentang ketidak pastian estimasi Hal (179) Sedangkan menurut GAAP laporan keuangan yang disajikan harus sesuai dengan lembaga akuntansi secara menyeluruh dan dilengkapi seperti berikut:
-          Rekonsiliasi kuantitatif pendapatan bersih
-          Ekuitas pemegang saham
-          Pendapatan per saham

4.      Bayangkan bahwa Novartis meramalkan (berdasarkan IFRS) pendapatan bersih mereka untuk tahun depan adalah $6.300 juta dollar amerika. Kembangkan perkiraan pendapatan bersih dalam GAAP AS dengan menggunakan informasi dari catatan 34. Sebera dapat diandalkan GAAP AS anda dalam perkiraan, dan bagaimana anda menggunakan pekiraan ?
Jawaban:
Catatan 2005 Pendapatan bersih berdasarkan IFRS 6300 Penyesuaian GAAP amerika serikat Sekuritas yang tersedia untuk dijual 34,1 278, Kerugian penurunan nilai persediaan 34,2 20, Perusahaan – perusahaan rekanan 34,3, Aset – aset tidak berwujud 34,4 (1.238), Tanah bangunan dan peralatan 34,5 53, Kepentinganm pensiun dan pasca jabatan lainnya 34,6 (181), Pajak – pajak yang ditangguhkan 34,7 178, Kompensasi berdasarkan saham 34,8 (44), Pertukaran amata uang asing 34,9, Kepentingan minoritas 34,10, Lain – lain Pendapatan bersih berdasarkan GAAP Amerika serikat 5.349 Cukup andal karena perkiraan yang kami buat tidak berbeda jauh dengan laporan hal 208 tentang perbedaan IFRS dan GAAP. Dengan melakukan penjumlahan penyesuaian GAAP Amerika serikat setelah itu hasil tersebut dikurangi dengan pendapatan bersih berdasarkan IFRS yang hasilnya adalah pendapatan bersih menurut GAAP.



Kasus 5.2  Lihat dulu, baru percaya
            Greg Benson adalah seorang penilai saham yang bertanggung jawab untuk merekomedasikan perusahaan sekuritas perdagangan resiko kepada klien di firma brokernya. Dia sering frustasi karena informasi perusahaan yang kurang terpecaya di meksiko. “semuanya pasti dirahasiakan” katanya. “setiap saat saya mempelajari aktivitas perusahaan, yang saya dengar adalah ‘saya tidak tahu harus berkata apa padamu’. “dimeksiko, keliahatannya informasi adalah kekuatan. Sepele atau tidak, informasi tampaknya terbatas haya untuk orang dalam.
            Greg mengetahui bahwa kerahasiaan seperti ini merujuk pada sejarah meksiko. Penguasa aztec tetap melindungi hal-hal tentang mereka dengan kekuatan para dewa yang tidak bisa diperkirakan dan sulit dipahami. Bangsa spanyol mengikuti beberapa peraturan birokrasi yang ada namun mereka tidak pernah membaginya keada orang meksiko biasa. Setelah perkiraan, peraturan oleh partai politik membuat informasi yang mencurigakan tidak pernah jatuh kepada pihak yang salah.
            Sejarahwan dan novelis Hector Aguilar Camin telah menulis, “Dimeksiko, orang-orang kuat biasanya menyembunyikan informasi. Bagian dari informasi yang membebaskannya “tapi, “masih ada kecendrungan untuk mengekangnya demi suatu keuntungan”
            Sebagian besar ekonomi meyakini bahwa kerahasian pemerintahan membuat mata uang jatuh lebih parah pada tahun 1994 karena pemerintahan bangsa meksiko menyembunyikan statistik makroekonomi vital dari perbankan internasional. Sekarang banyak kekhawatiran yang menyatakan bahwa kerahasiaan akan membatasi perekonomian meksiko . akan tetapi tekanan untuk transparansi tumbuh bersamaan dengan maunya investor asing yang berbisnis dimeksiko. Meningkatkan keberadaan partai oposisi dimeksiko dan berkembangnya kebebasan pers telah menyulut perdebatan baru tentang akses informasi.
            “Apa kebagiannya dari semua kecendrungan ini bagi saya?” tuntut Greg. “Saya butuh informasi lebih baik dari sekarang.”
Diminta
1.      Diskusikan paling tidak 5 ciri yang memperkirakan level pengungkapan yang rendah dimeksiko. Respon anda harus berdasarkan atas ulasan materi yang ada dibab 2 , bab 4 dan bab ini, sebagai tambahan dari kasus diatas.
2.      Diskusikan atau fitur yang memperkiran level pengungkapan tinggi dimeksiko.
3.      Pengukuan akutansi dan praktik pengungkapan adalah meningkatkan ( dari sudut pandang proteksi investor perekonomian pada pasar yag baru. Seperti apakah peningkatan yang terjadi dimeksiko? Diskusikan faktor yag menjelaskan megapa terjadi peningkatan. Sekali lagi, mengacu pada materi yang disajikan dibab  2 dan baba 4 sebagai tambahan dari informasi diatas.
Jawaban:
1.      Level pengungkapan yang rendah di Meksiko
a.       Infomasi perusahaan kurang terpercaya
      Informasi yang transparan sangatlah penting untuk pihak stakeholder maupun shareholder. Hal ini dapat berpengaruh erat pada kelangsungan perusahaan maupun perekonomian negara tersebut. Jadi apabila terdapat suatu informasi yang salah bagi para investor, maka perekonomian Negara Meksiko pun akan ikut melemah. Seiring tidak adanya pemasukkan / hasil investasi yang dapat menggerakkan roda perekonomian negara tersebut.
b.      Informasi hanya terbatas untuk orang dalam
      Seperti yang dijelaskan sebelumnya, informasi yang tidak transparan akan berdampak negatif pada perekonomian suatu negara. Apabila informasi hanya diberikan kepada orang dalam, maka tidak akan ada devisa yang masuk dari investasi asing, yang pada dasarnya devisa dari para investor asing sangatlah membantu, atau berperan aktif dalam memajukan perekonomian suatu bangsa.
c.       Orang-orang kuat Meksiko / Partai Politik menyembunyikan informasi
      Hal ini memang baik, karena jika informasi diberikan ke orang yang salah, maka akan menimbulkan “boomerang” terhadap perusahaan maupun negara tersebut. Namun kita juga tidak terlalu berlebihan, pemilihan investor yang selektif akan meminimalisir kejahatan.
d.      Kerahasiaan Pemerintah membuat nilai mata uang jatuh lebih parah pada tahun 1994 karena pemerintahan Bangsa Meksiko menyembunyikan statistik makroekonomi vital dari perbankan internasional.
      Mata uang berhubungan dengan trading antar negara di seluruh dunia. Uang adalah pelumas dari perdagangan internasional memungkinkan entitas asing untuk melakukan bisnis dengan satu sama lain. Apabila nilai mata uang suatu negara sudah jatuh, atau tidak diketahui secara pasti, akan menimbulkan kegalauan para investor untuk berinvestasi di negara tersebut.
e.       Kerahasiaan membatasi perekonomian Meksiko
      Seperti dijelaskan di nomor 4 tadi. Bahwa investor akan berkurang apabila tidak ditunjang dengan situasi kondisi perekonomian yang baik, transparan, dan akuntabel. Jadi pendapatan yang didapat semakin kecil jika tidak ada pergerakan makroekonomi yang baik.
2.      Level Pengungkapan yang tinggi
a.       Pengaturan oleh partai politik membuat informasi yang mencurigakan tidak pernah jatuh pada pihak yang salah.
      Hal ini memang baik sekali, pemilihan para investor yang selektif akan membawa dampak baik bagi perekonomian Meksiko pada jangka panjangnya. Meminimalisir adanya orang/partai oposisi yang ingin menjatuhkan institusi, dan pemerintahan Meksiko yang dapat berdampak buruk pada kesejahteraan masyarakat.
b.      Peningkatan yang terjadi di Meksiko
-          Adanya banyak kekhawatiran yang menyatakan bahwa kerahasiaan akan membatasi perekonomian Meksiko.
Rupanya masyarakat moderat sudah mulai merasakan dampak negatif akibat kerahasiaan pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat. Maka masyarakat ini mulai berbicara ke masyarakat lain, dan pemerintah.
-          Tekanan transparansi yang selalu tumbuh bersamaan dengan masuknya investor asing.
Mereka juga menginginkan negara mereka dikenal oleh negara lain di seluruh dunia, dengan cara masuknya investor-investor asing yang dapat mempublikasikan negara mereka ke seluruh dunia.
c.       Meningkatnya partai oposisi
Partai oposisi semakin menjamur agar terjadi diferensiasi ide untuk pemerintah dalam langkah mengambil sebuah keputusan.

d.   Berkembangnya kebebasan pers
Pers-lah yang akan memblow up semua tindak tanduk yang dilakukan oleh pemerintah dan partai oposisi. Agar masyarakat pun dapat turun tangan/memberikan pendapat terbaiknya demi kemajuan dan kesejahteraan Negara dan masyarakat Meksiko.


3.      Peningkatan yang terjadi di meksiko dan factor yang menjelaskan mengapa terjadi peningkatan.
            Tak bisa dipungkiri, perekonomian Meksiko kini semakin mendapatkan perhatian dunia berkat pertumbuhan yang secara konsisten diraih. Bahkan, berkat pertumbuhan yang diraih, Financial Times memberikan julukan “Aztec Tiger” terhadap negara yang pada tahun 2012 lalu mencatatkan GDP sebesar US$1,743 triliun tersebut. Pada periode Oktober sampai Desember tahun lalu, GDP Meksiko meningkat sebesar 3,2% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011. Tingkat pertumbuhan pada tahun 2012 secara keseluruhan mencapai 3,9%, jauh lebih baik dari Brasil dan Argentina, dua negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin.

Peningkatan yang terjadi di Meksiko antara lain:
a.       Adanya banyak kekhawatiran yang menyatakan bahwa kerahasiaan akan membatasi perekonomian Meksiko.
Rupanya masyarakat moderat sudah mulai merasakan dampak negatif akibat kerahasiaan pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat. Maka masyarakat ini mulai berbicara ke masyarakat lain, dan pemerintah.
b.      Tekanan transparansi yang selalu tumbuh bersamaan dengan masuknya investor asing.
Mereka juga menginginkan negara mereka dikenal oleh negara lain di seluruh dunia, dengan cara masuknya investor-investor asing yang dapat mempublikasikan negara mereka ke seluruh dunia.
c.       Meningkatnya partai oposisi
Partai oposisi semakin menjamur agar terjadi diferensiasi ide untuk pemerintah dalam langkah mengambil sebuah keputusan.
d.      Berkembangnya kebebasan pers
Pers-lah yang akan memblow up semua tindak tanduk yang dilakukan oleh pemerintah dan partai oposisi. Agar masyarakat pun dapat turun tangan/memberikan pendapat terbaiknya demi kemajuan dan kesejahteraan Negara dan masyarakat Meksiko.
      Faktor eksternal pun mendukung pertumbuhan perekonomian Meksiko. Permintaan global terhadap produk-produk Meksiko terus meningkat seiring membaiknya perekonomian dunia. Selain itu, reformasi kebijakan imigrasi AS dan terus meningkatnya biaya melakukan bisnis di China juga meningkatkan ketertarikan untuk melakukan perdagangan dan investasi di kawasan Amerika Latin.

1 komentar:

Unknown on 18 November 2015 pukul 09.58 mengatakan...

bagus banget postingannya
semangat posting lagi ya
terima kasih

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos