Minggu, 31 Mei 2015

Akuntansi Internasional - Diskusi

Diposting oleh Taty saeng G di 21.37

Kelompok 5                     : Myanmar
Nama                                : 1. Ali
                                            2. Nurul Aulia Rahmah
                                            3. Nurulita Indriani
                                            4. Reggy Giffari
                                            5. Senda Rusgiana
                                            6. Taty Harlini Manurung
Materi                               : BAB 5


Soal Diskusi

1.    Jelaskan dengan singkat perbedaan antara patokan akuntansi dan pengungkapan akuntansi. Dari kedua proses pelaporan tersebut, menurut anda yang manakah yang menyajikan kemampuan inovatif untuk 10 tahun kedepan? Mengapa?

Jawab :
a.       Pengukuran akuntasi : Pengukuran hanya sebatas informasi murni yang belum diolah menjadi informasi yang siap di gunakan.
b.      Pengungkapan akutansi : Standard dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, sistem hukum, ikatan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, tingkat pendidikan, budaya dan pengaruh lainnya.

Yang menunjukkan kemajuan inovatif yang besar selama 10 tahun mendatang adalah pengungkapan akuntansi, karena meskipun praktik pegungkapan sangat berbeda-beda di setiap Negara, tetapi sekarang perlahan mulai timbul kemiripan (konvergensi) dengan secara sukarela mengadopsi standar pelaporan keuangan internasioal (IFRS) atau GAAP Amerika serikat, mematuhi ketentuan pasar bursa efek dan badan regulator domestik dan luar negeri memberikan respon terhadap berbagai permintaan informasi yang diajukan para investor dan analis. 

2.    Mengapa perusahaan multinasional bertanggungjawab atas kelompok masyarakat tertentu daripada kelompok investor tradisional?

Jawab :
Karena perusahaan multinasional pada umumnya dalam pengungkapan akuntansinya didorong oleh perbedaan dalam tata kelola perusahaan dan keuangan. Contoh di amerika serikat, inggris dan Negara-negara anglo amerika lainnya, pasar ekuitas menyediakan kebanyakan pendanaan yang dibutuhkan perusahaan sehingga menjadi sangat maju. Di pasar-pasar tersebut, kepemilikan cenderung tersebar luas diantara banyak pemegang saham dan perlindungan terhadap investor sangat ditekankan. Sedangkan dikebanyakan Negara-negara lain, kepemilikan saham masih tetap sangat terkonsentrasi dan bank secara tradisional menjadi sumber utama pembayaran perusahaan.
3.    Haruskah perusahaan asing di Amerika Serikat mencari sekuritas yang dibutuhkan untuk mengungkap perusahaan Amerika Serikat yang mengeluarkan sekuritas di Amerika Serikat? Evaluasi argumen yang ada di bab ini dengan kritis.

Jawab :
Setuju, karena semakin banyak perusahaan multinasional diseluruh dunia yang mendaftarkan sahamnya pada bursa- bursa asing. Yang memotivasi praktik ini adalah sejumlah keuntungan yang di anggap bisa diperoleh dari praktik tersebut dengan memasyarakatkan perusahaan kepada lingkungan setempat, listing diluar negeri meningkatkan citra internasioanl korporasi dan sekaligus memperluas basis- basis pembiayaan dimasa depan. Contohnya : Novo Corporation (bertempat di Denmark), setonehill dan dullum mendemostrasikan bahwa listing diluar negeri bisa mengurangi biaya modal perusahaan secara signifikan, yang sebagian besar diakibatkan oleh adanya diparitas- disparitas dalam basis informasi investor.
4.    Peraturan akuntansi di Jepang , Perancis< Jerman sekarang membutuhkan pengungkapan segmen bisnis hasil keuangan. Akan tetapi, semua manajer di negara- negara ini pada dasarnya berlawanan dengan detil pengungkapan informasi. Mengapa manajer memlilih untuk mengungkapan sedikit informasi tentang segmen bisnis perusahaan mereka dan memiliki peraturan akuntansi yang menjadi lebih kuat disamping perlawanan mereka?

Jawab :
Para manajer memilih untuk mengungkapkan sedikit informasi mengenai segmen usaha perusahaannya dikarenakan demi melindungi manajemen yang berkuasa, kepemilikan yang terkonsentrasi pemilik keluarga yang merupakan secara tradisional sumber utama. Aturan akuntansi yang semakin ketat setelah penolakan manajemen merupakan pengukapan sebagai pengendalian manajemen, meminimalkan resiko didalam kegiatan perusahaan.
Perbedaan antar pengungkapan wajib dan suka rela :
1.      Sukarela :
a.       Investor diseluruh dunia menuntut informasi yang lebih detail dan lebih tepat waktu, tingkat pengungkapan sukarela semakin meningkat, baik di negara- negara dengan pasar yang sudah maju maupun yang sudah berkembang.
b.      Dalam laporan terakhir badan standar akuntansi keuangan (FASB) menjelaskan sebuah proyek FASB mengenai pelaoran bisnis yang mendukung pandangan bahawa perusahaan akan mendapatkan pasar modal dengan meningkatan pengungkapan sukarelanya.
c.       Manajer memiliki informasi mengenai kinerja perusahaan saat ini pada masa mendatang yang lebih baik bila dibandingkan dengan pihak eksternal.
d.      Bukti- bukti kuat menunjukan bahwa manajer perusahaan sering memiliki dorongan kuat untuk menunda pengungkapan berita negatif, mengelola laporan keuangan untuk lebih menunjukan wajah posotif perusahaan dan menilai lebih kinerja dan prospek keuangan perusahaannya.
2.      Wajib :
a.       Perlindungan terhadap pemegang saham atau investor berbeda dari satu negara ke negara lain.
b.      Pada umumnya bursa efek dan badan regulator pemerintah mengharuskan perusahaan asing yang mencatatkan saham untuk memberikan informasi keuangan dan non keuangan yang samadengan yang diharuskan kepada perusahaan domestik.
c.       Investor yang memiliki informasi yang cukup untuk mengevaluasi kinerja dan prospek sebuah perusahaan. Tempat yang terbukti atas hal ini adalah AS, yang stadar pengungkapannya secara umum paling ketat didunia.
d.      Perlindungan pemegang saham di AS itu sangat ketat, sedangkan perlindungan pemegang saham dinegara- negara lain kurang mendapat perhatian. Contohnya Cina melarang insider trading (perdagangan yang melibatkan kalangan dalam) sedangkan penegakan hukum yang lemah membuat penegakkan aturan itu hampir tidak ada.

5.    Apa perbedaan antara pengungkapan sukarela dan pengungkapan yang diperintahkan? Berikan 2 penjelasan untuk perbedaan praktik pengungkapan yang diperintahkan oleh manajer!

Jawab :
Pengungkapan sukarela adalah pengungkapan yang dilakukan secara sukarela oleh perusahaan tanpa diharuskan oleh lembaga yang berwenang. Pengungkapan sukarela yang dilakukan perusahaan yang satu dengan yang lain akan berbeda. Hal ini dikarenakan belum adanya peraturan mengenai luas pengungkapan sukarela. Sehingga perusahaan bebas memilih jenis informasi yang akan diungkapkan, yang dipandang manajemen relevan dalam membantu mengambil keputusan.
Pengungkapan yang diperintahkan adalah sejumlah aturan atau pengungkapan oleh perusahaan yang melalui lembaga yang berwenang. Seperti aturan akuntansi dan pengungkapan, dan pengesahan oleh pihak ketiga (seperti auditing) dapat memperbaiki berfungsinya pasar. Aturan akuntansi mencoba mengurangi kemampuan manajer dalam mencatat transaksi-transaksi ekonomi dengan cara yang mewakili kepentingan terbaik pemegang saham. Aturan pengungkapan menetapkan ketentuan-ketentuan untuk memastikan bahwa para pemegang saham menerima informasi yang tepat waktu, lengkap, dan akurat.
6.    Apakah pelaporan tiga sistem mendasar (triple- bottom- line)dan mengapa hal ini cenderung berkembang di perusahaan besar multinasional ( sekarang ada beberapa ketentuan untuk jenis pelaporan ini. Apakah banyak peraturan itu penting? Mengapa dan mengapa tidak ?

Jawab :
Konsep triple bottom line digub=nakan sebgai landasan prinsipal dalam aplikasi program corporate social responbility pada sebuah perusahaan. Tiga kepentingan yang menjadi satu ini merupakan garis besar dan tujuan utama tanggung jawab sosial sebuah perusahaan.

7.    Apakah anda memprediksi pengungkapan sukarela oleh perusahaan dinegara – negara dengan pasar yang baru muncul lebih atau kurang daripada dinegara berkembang dan mengapa?

Jawab :
       Menurut kami pengungkapan sukarela oleh pasar baru lebih sedikit karena investor diseluruh dunia tidak menuntut informasi yang lebih detail dan lebih tepat waktu, disbanding dengan pengungkapan di negara berkembang tingkat pengungkapan sukarela semakin meningkat.

8.    Apakah anda memprediksi pengungkapan yang perintahkan dinegara – negara dengan pasar yang baru muncul lebih atau kurang daripada dinegara berkembang dan mengapa?

Jawab :
       Menurut kami pengungkapan yang diperintahkan  di pasar baru itu sedikit, karena belum menyeragamkan standar IFRS di semua negara. Sedangkan bagi perusahaan dinegara berkembang pengungkapan sudah mulai dilakukan seperti Amerika Serikat yang memiliki standar pengungkapannya secara umum dipandang paling ketat didunia. 

9.    Apa sasaran umum pasar yang berorientasi investor ? manakah yang paling penting berikan alasan!

Jawab:
       Menurut frost dan lang membahas dua objek investor berorientasi pasar : yaitu perlindungan investor dan kualitas pasar
·      Proteksi investor .investor dijamin dengan informasi dan dilindungi dengan pelaksanaan dan pengawasan peraturan pasar,kecurangan fraud mencegah adanya penawaran publik ,perdagangan pemilihan dan skuritas penawaran.informasi keuangan dan non keuangan yang bisa dibandingkan telah ditemukan sehingga investor bisa membandingkan perusahaan area industri dan negara.
·      Kualitas pasar. Pasar adalah adil tersusun ,efisien dan bebas dari penyalahgunaan dan perbuatan jahat keadlian pasar dipromosikan dengan akses informasi yang wajar dan kesempatan berdagang .efisiensi pasar berkembang dengan meningkatkan likuiditas dan mengurangi biaya transaksi ,kualitas pasar ditandai dengan kepercayaan investor dan mereka  memfasilitasi pembentukan modal
·      Menurut kami yang paling penting yaitu proteksi investor karena mewajibkan investor menerima informasi secara berkala dan diproteksi dengan pengawasan dan pelaksanaan .pengungkapan harus memadai supaya investor dapat membandingkan perusahaan area industri dan negara lebioh jauh lagi pengungkapan yang menyeluruh dan dapat diupercaya akan meningkatkan kepercayaan investor

10.    Dari sudut pandang pembuat peraturan sekuritas ,apakah pengungkapan yang diwajibkan ituh selalu baik ? mengapa atau mengapa tidak ?

Jawab :
Iya. karena pengungkapan adalah elemen kunci dalam beberapa sistem pengelolaan perusahaan selain itu bukti – bukti kuat mengindikasikan bahwa manajer perusahan sering memeiliki insentif yang besar untuk menunda pengungkapan berita buiruk “ mengatur “ laporan keuangan mereka untuk memastikan kesan perusahaan yang lebih positif
11.    Mengapa perkiraan pendapatan dan laba relatif tidak sama?

Jawab :
Karena laba merupakan ukuran yang digunakan untuk menilai berhasil atau tidaknya manajemen suatu perusahaan, atau laba merupakan kelebihan total pendapatan dibandingkan total bebannya. Sedangkan pendapatan merupakan salah satu unsur laba, yaitu pendapatan adalah aliran masuk atau kenaikan aktiva suatu perusahaan atau penurunan kewajiban yang terjadi dalam suatu periode akuntansi, yang berasal dari aktivitas operasi dalam hal ini penjualan barang yang merupakan unit usaha pokok perusahaan.
12.    Apakah yang dimaksud dari pengelolaan perusahaan? Perusahaan yang terdapat di beberapa negara diminta untuk mengungkap informasi tentang praktik pengelolaan perusahaan mereka. Mengapa investor dan analis berpendapat jika informasi tersebut sangat berguna?

Jawab :
Tata kelola perusahaan adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan atau korporasi. Tata kelola perusahaan juga mencakup hubungan antara para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat serta tujuan pengelolaan perusahaan. Informasi dari laporan keuangan perusahaan sangat bermanfaat bagi investor dan manajemen untuk melakukan peramalan laba dan mengukur kinerja keuangan perusahaan. Ketepatan ramalan laba untuk masing-masing pasar modal dan masing-masing negara berbeda-beda, dan itu dipengaruhi oleh faktor faktor yang berbeda pula diantaranya interval waktu peramalan, besaran perusahaan, umur perusahaan, penjamin emisi, auditor, leverage, premium saham.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos