Kamis, 14 Juni 2012

Lab Internet Dasar

Diposting oleh Taty saeng G di 20.23
1.     Mengapa Wikipedia menggunakan domain organisasi?
Karena Wikipedia mempunyai perusahaan sendiri yang bertujuan untuk menciptakan ensiklopedia bebas untuk semua pengguna, menjandi ensiklopedia yang terbesar dan terlengkap.

2.     Jelaskan langkah” untuk mengkoneksikan satu laptop dengan modem usb sampai terhubung dengan jaringan isp!
Tata cara koneksi ke Internet:
a. Instalalasi Modem
Instalasi secara fisik, yaitu memasang modem ke laptop. Setelah itu kita baru menginstan Drive (Software Modem). Biasanya modem internal yang terinsal di laptop akan terdeteksi secara otomatis oleh windows XP, artinya kita tidak perlu menginstan Drive lagi.
b. Cek Modem
Cek modem dilakukan untuk menyakinkan bahwa drive modem sudah benar-benar terinstal. Caranya adalah Menuju ke System Properties:
Performance>Control Panel >Klik Start  &  System>Maintenance
Pada Kotak dialog System Properties :
klik 2x Modem, perhatikan gambar: berarti drive modem sudah terinstal. Selanjutnya hubungkan laptop dengan jaringan telepon menggunakan kabel RJ-11.>Device Manager >Klik Hardware
c. Setting Dial UP
Dial Up merupakan sarana untuk koneksi ke server ISP (Internet Service Provider). Setting Dial Up diperlukan untuk menentukan nomor telepon ISP yang akan di Dial oleh modem. Misalnya untuk Telkomnet Instan Nomor Dial Up adalah 080989999.
Caranya adalah :
Network Conection>Comunication > Accessories >All Program >Klik Start
Pada Jendela Network Connections
 Klik file>New Conection, Selanjutnya perhatikan gambar yang keluar
d. Akses Telkomnet Instan
Selanjutnya mengisi User name dan password
User Name : telkomnet@instan
Password : telkom
Nomor Dial : 080989999

Kemudian Klik Dial, dan akan muncul :  Conecting Telkom Net

Jika tidak ada masalah akan muncul icon tray (bergambar komputer kedap-kedip) di sudut kanan bawah , ini menandakan kita sudah terhubung ke ISP dari telkomnet Instan. Selanjutnya kita baru dapat koneksi ke Internet dengan cara Browsing dengan program Browser misalnya: Internet Explore, Mozilla Firefox, dll.
Untuk mengakhiri koneksi ke Internet klik ganda icon tray (bergambar komputer kedap-kedip) di sudut kiri bawah, maka akan muncul kotak dialog, selanjutnya klik Disconnect.
 Telkom Net>Connec To >Untuk Akses telkomnet instan selanjutnya kita tinggal buka kotak dialog modem tersebut pada desktop kita

3.      Sebutkan dan jelaskan istilah” di internet!
a.   HTML : Hyper Text Markup Language, yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan dalam bahasa program
b.   E-Mail : Sebuah fasilitas untuk mengirimkan pesan/menerima pesan dalam bentuk tulisan berbeda dengan chat e-mail tidak secara realtime
c.   Homepage : adalah halaman depan atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet
d.   FTP : File transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
e.   Web page : adalah halaman yang dapat ditampilkan website di internet, yang dapat menampilkan berupa teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video dll.
f.    HTTP- Hyper Text Transfer Protocol: protocol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam WWW.
g.   ISP- Internet Service Provider: sebutan untuk penyedia layanan internet.
h.   Telnet : perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remot host dengan terminal yang berbasis text.
i.    WAP : Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet.

4.     Jelaskan tentang LAN, MAN dan WAN!
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

MAN - Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

5.     Analisa dan jelaskan secara lengkap mengenai identitas internet dari url berikut:
profil.html sedang di-request oleh protocol http dari sebuah server bernama www.labintdas.blogspot.com. Lokasi profi.html dalam ruang situs tersebut adalah pada direktori 2011/07.
https adalah nama protocol yang digunakan, www.akademik.gunadarma.ac.id adalah nama host atau server komputer dimana informasi yang dicari berada di akademik adalah jalur atau path dari informasi yang dicari

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos