Minggu, 21 Desember 2014

contoh proposal Bisnis coffee shop "Coffee Tasty"

Diposting oleh Taty saeng G di 23.46

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
            Tingkat stress yang semakin tinggi membuat masyarakat membutuhkan tempat untuk sekedar melepas lelah atau mencari tempat refreshing yang bisa menyegarkan suasana kembali.  Ke coffee shop atau kedai kopi menjadi salah satu pilihan yang favorit di masyarakat.  Di samping sudah menjadi budaya khusus di Indonesia, masyarakat terbukti mempunyai minat yang amat besar untuk mengunjungi tempat yang di gemari semua usia ini.
            Pergeseran budaya membuat keberadaan coffee shop semakin di akui masyarakat.  Peran media-media yang sering mensosialisasikan kedai kopi mendukung perkembangan warung khusus kopi ini.  Semula kedai kopi di jadikan sebagai tempat berkumpul para masyarakat, tapi sekarang, seakan kedai kopi mempunyai fungsi tambahan sebagai tempat untuk bertemu teman lama, sahabat atau bahkan relasi bisnis untuk membahas suatu bisnis tertentu.
            Di beberapa cafe kopi menyediakan khusus untuk tempat rapat yang sedang mempunyai agenda tertentu.  Disini pula, akhirnya perkembangan kedai kopi semakin pesat karena masyarakat bisnis sering bosan jika rapat di adakan di kantor saja tanpa ada sentuhan yang lain dari pada yang lain.

1.2 USAHA CAFE KOPI “COFFEE TASTY”
Dalam kelas kewirausahaan ini saya menjalankan program bisnis Kedai Kopi. Usaha kedai kopi ini saya rasakan dapat diterima baik oleh masyarakat khususnya para penikmat kopi dan tidak terlalu banyak modal yang diperlukan.
Saya menamakan Usaha kedai ini dengan nama Coffee Tasty  karena nama tersebut memiliki arti kopi yang lezat. Saya berharap kedai kopi saya dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui aroma dan kelezatan kopi yang saya sajikan. Selain itu juga nama Coffee Tasty tersebut sangat mudah diucapkan sehingga dapat dengan mudah diingat oleh masyarakat.
Bentuk perusahaan dari usaha saya ini adalah masih dalam tahap perusahaan perseorangan saja. Saya belum memiliki izin resmi dari pemerintah karena memang perusahaan ini masih baru mulai berjalan dan masih mencoba untuk masuk dalam dunia bisnis.

1.3 VISI & MISI Coffee Tasty Cafe
1)      VISI
Menjadikan Coffee Tasty sebagai kedai kopi yang digemari oleh para penikmat kopi dan diterima disemua kalangan.
2)      MISI
v  Mengutamakan kepuasan konsumen dalam hal rasa dan kenikmatan
v  Memberikan kenyamanan terhadap konsumen dalam hal apapun



BAB II
ASPEK PEMASARAN

2.1  Gambaran Umum Pasar
Kopi adalah minuman dengan beragam kenikmatan didalamnya. Bagi para pecinta kopi, sehari tanpa minum kopi tidak akan bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya. Dilihat dari prospek usaha kedai kopi sangat berpeluang dalam dunia bisnis.
Kedai ini ditujukan kepada kalangan pelajar (mahasiswa/ anak sekolah) dan pegawai kantoran. Semua pekerja akan berlokasi  di tempat yang terjangkau dan banyak dikunjungi sebagaian besar kalangan mahasiswa karena letak lokasi didekat kampus. Untuk sekarang ini karena masih dalam tahap pengenalan produk maka target pemasaran saya berada dalam jangkauan yang sempit yaitu daerah Pasar Minggu dan sekitarnya.
Jam operasional cafe Coffee Tasty dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d 22.00 WIB dengan segmen pasar yaitu mahasiswa/i yang berkuliah di Universitas Nasional, pegawai kantoran, pelajar/remaja dan para penikmat kopi lainnya.
Tahap awal yang dilakukan dalam membangun usaha tersebut yaitu dengan melakukan promosi melalui media cetak dengan brosur dan media komunikasi/social seperti Whatsapp, Facebook, Line dan Twitter yang dikirim ke tiap mahasiswa Universitas Nasional. Sosialisasi dan promosi ini dilakukan sebulan sebelum usaha dibuka.
2.2  Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Saya melakukan pengamatan terhadap Mahasiswa UNAS yang belajar sebagai calon konsumen (target pasar ) sehingga usaha ini memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha yang baru mulai memerlukan ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan. Jika tidak, maka kegagalan akan muncul dalam  usahanya. Ketepatan tersebut dapat diperoleh melalui pendekatan yang sesuai salah satunya adalah analisis SWOT.
            Analisis SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. SWOT adalah akronim dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut:
a.       Strength (kekuatan)
Kekuatan yang dimiliki oleh usaha yang kami jalankan adalah:
·         Kedai kopi dengan menu yang harganya bersahabat.
·         Tempat dan situasi kedai yang nyaman (homy).
·         Lokasi tempat dekat dengan kampus dan perumahan masyarakat.
·         Menghadirkan menu kucingan dengan trempat kedai yang sederhana tapi nyaman.
·         Dilengkapi dengan fasilitas WiFi serta TV dan full music.
b.      Weakness (kelemahan)
Selain kekuatan di setiap usaha pasti memiliki kelemahan, kelemahan usaha saya
Adalah:
·         Membutuhkan promosi yang ekstra.
·         Adanya pesaing yang sudah lebih dulu dikenal.
c.       Opportunity (peluang)
Kesempatan yang dimiliki dalam perencanaan usaha adalah:
·         Usaha kedai yang banyak dicari oleh konsumen.
·         Karena dekat dengan kampus, dapat mengadakan even-even tertentu. Misalnya, nobar atau mengadakan acara pada saat valentine dan Hallowen.
d.      Threatment (ancaman)
Ancaman yang dihadapi dari usaha yang akan dijalankan adalah:
·         Pada saat liburan semester/hari libur kampus, jumlah pengunjung akan berkurang secara signifikan.
·         Banyaknya kedai kopi / cafe yang ada di mall akan turut memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan usaha.


2.3  Marketing Mix (7P)
1.                Product
Produk yangditawarkan adalah jenis minuman berbau kopi. Dengan rasa yang bervarian sesuai dengan permintaan konsumen. Disamping itu juga disajikan juga menu – menu minuman selain kopi dan beberapa makanan ringan untuk melengkapi saat bersantai.
2.                Price
Harga di Coffee Tasty terjagkau dan sangat bersahabat sesuai dengan kantong mahasiswa. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000,-.
3.                Place
Karena sasaran utama dari kedai Coffee Tasty ini adalah mahasiswa UNAS, maka tempatnya di sekitar UNAS. Desai tempat dibuat semenarik mungkin dengan tetap menonjolkan kenyamanan pengunjung.
4.                Promotion
Strategi mengenai bagaimana usaha ini dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa cara :
-          Advertising (iklan)
o   Social networking: Facebook, Twitter, Path dan Instagram
o   Social media: Whatsapp, BBM dan Line
-          Sales Promotion
Dilakukan di Universitas Nasional pada jam diluar jadwal kuliah dengan cara promosi dari mulut ke mulut agar lebih banyak lagi mahasiswa yang mengetahui mengenai usaha kedai ini.

5.                Process
Untuk proses, dalam menyampaikan produk, pengujung diberikan menu terlebih dahulu, lalu pelayan memberikna pelayanan terhadap menu yang dipilih, selanjutnya pengunjung membayar pada kasir dengan cash atau debit.
6.                People
Koki dalam hal dapur dalam meracik minuman dan makanan, pramusaji dan kasir  menggunakan sistem kerja partime.
7.                Physical Evidence
Untuk penampilan fisik pada kedai menggunakan aliran nyaman sederhana. Konsepnya terdapat parkir, desain interior yang indah dipandang dan nyaman agar pengunjung merasa betah.


Note: sengaja tidak dipost lengkap (keseluruhan) untuk menghindari fraud (copas) "_"

85 komentar:

Unknown on 3 Juli 2015 pukul 01.17 mengatakan...

Ilmu i. Dan dg TI semua bs dicopas.tu hrs ditebar, krn pd dasarnya jg berawal dr bc buku or diajar guru/dosen

Unknown on 27 September 2015 pukul 11.04 mengatakan...

minta kontak email kak, kalau boleh minta kirim contoh proposal lengkap untuk referensi tugas saja. Trimakasih sebelumnya.
bisa email ke aku esterlithawardhani@gmail.com

Unknown on 18 Maret 2016 pukul 17.02 mengatakan...

halo boleh minta tolong kirim contoh proposal ini yg lengkap kak via email? untuk referensi tugas kuliah, hanya untuk melihat step step nya saja. terimkasih banyak ya. email saya: cintantyaaudy@gmail.com

Unknown on 31 Maret 2016 pukul 18.54 mengatakan...

hahahaha

MUCHAMAD GUNTUR ANGGARA on 2 April 2016 pukul 18.38 mengatakan...

padahal formatnya jagan kek gini, biar gak di copas. PDF yg biasanya kgak bisa di block hhehe, sekedar saran, jd tau isi n karya yang sesungguhnya tuh kek gimana, klo spotong yaaa brrti buktinya hanya segini aja... (intuisi)

Unknown on 6 April 2016 pukul 14.03 mengatakan...

nice thanks coretannya luar biasa

SS-1 on 7 April 2016 pukul 12.16 mengatakan...

Jika memang bertujuan untuk penyebaran ilmu, semakin banyak di share (copas), semakin banyak manfaatnya....
Tetapi jika ada unsur profit, siapkan 2 type proposal...
1 berupa ringkasan usaha
1 nya lagi berupa rincian usaha yang memang disiapkan untuk investor potensial...

Taty saeng G on 7 April 2016 pukul 12.41 mengatakan...

untuk semua.
gue ga bermaksud tidak mau berbagi. gue cuma menghindari namanya penyalahgunaan copas. engga salah jika emang mau copas dan minta lengkap nya proposal ini masih gue save kok.. tapi gue mau orang yg menggunakan nya itu bijak. untuk BELAJAR bukan MENJIPLAK.
jika mau proposal lengkap nya kaih alamat email aja nanti gue kirim.
Tks

Unknown on 7 April 2016 pukul 14.24 mengatakan...

kak boleh minta tolong kirim contoh proposal ini yang lengkap ? via email ya kak. email : herdianisofiasiti@gmail.com

Duwie on 9 April 2016 pukul 14.31 mengatakan...

mbk boleh minta filenya untuk referensi, ke rhd.bachri@gmail.com
terima kasih

Unknown on 10 April 2016 pukul 14.52 mengatakan...

boleh minta file lengkapnya? ke email cutainiselian@gmail.com
thank you, god bless u.

Unknown on 18 April 2016 pukul 13.47 mengatakan...

kak minta contoh yg lengkapnya.., kirim ke fanzy23@gmail.com
makasih kak...

Claudia on 25 April 2016 pukul 11.42 mengatakan...

minta file lengkapnya boleh kah? lagi sangat membutuhkan. kirim ke email saya claudiangelinna99@gmail.com
makasih kak :)

Unknown on 25 April 2016 pukul 18.37 mengatakan...

kak minta file lengkap nya boleh,kalau boleh kirim ke email alfatihivan@gmail.com
terima kasih

Unknown on 25 April 2016 pukul 18.37 mengatakan...

kak minta file lengkap nya boleh,kalau boleh kirim ke email alfatihivan@gmail.com
terima kasih

Unknown on 27 April 2016 pukul 11.36 mengatakan...

kak minta dikirim contoh proposalnya yg lengkap dong buat tugas kampus nich.. sekaligus buat bahan perbandingan..
email ke buzonk.buz@gmail.com
ditunggu ya kak terima kasih

Unknown on 28 April 2016 pukul 07.22 mengatakan...

kak boleh minta dikirim contoh proposal yg lengkap ? untuk referensi tugas kampus matkul analisa kelayakan dan e-bussines. email yudha.aji31@gmail.com

evetestocker on 4 Mei 2016 pukul 03.13 mengatakan...

Boleh email proposalnya kah? Ke infotali.ta.id@gmail.com thanks :)

SINGA! on 6 Mei 2016 pukul 14.09 mengatakan...

haloooo admin boleh untuk saya lihat proposalnya untuk jadi referensi buka usaha, thanks yaaa
kresnadewabayu@gmail.com

pharmasiiipp on 8 Mei 2016 pukul 04.04 mengatakan...

Pagi admin... Bisa sy lihat proposal lengkapnya untuk referensi usaha kafe saya...terima kasih sebelumnya.. Ulvah.imuetz.bgt@gmail.com

pharmasiiipp on 8 Mei 2016 pukul 04.04 mengatakan...

Pagi admin... Bisa sy lihat proposal lengkapnya untuk referensi usaha kafe saya...terima kasih sebelumnya.. Ulvah.imuetz.bgt@gmail.com

rima on 10 Mei 2016 pukul 19.47 mengatakan...

halo ka~ boleh saya lihat proposal lengkapnya? untuk referensi tugas. ini email saya starkyu137@gmail.com
terimakasih ^^

Unknown on 16 Mei 2016 pukul 06.28 mengatakan...

Kak, boleh lihat proposal lengkapnya? buat referensi tugas kuliah. Ini email saya hanif_fauzi73@yahoo.com. Terimakasih banyak

Unknown on 16 Mei 2016 pukul 15.34 mengatakan...

Ka boleh isi kirim lengkap contoh yang ini ke email saya ?
aagolep@gmail.com

Unknown on 23 Mei 2016 pukul 17.09 mengatakan...

gan boleh minta contoh yang lengkapnya?
rizqieajha@gmail.com

Ryan mengatakan...

Kak, bisa minta contoh lengkap proposalnya untuk referensi tugas "marketing plan" matkul marketing management..
ini email saya, kak hijryansyah@yahoo.com ...
terima kasih sebelumnya :)

Unknown on 11 Juni 2016 pukul 07.06 mengatakan...

saya boleh minta contoh lengkapnya untuk referensi ?
yohanes_vindy@yahoo.com

terimakasih ^^

Unknown on 13 Juni 2016 pukul 09.33 mengatakan...

boleh minta contoh lengkap proposal nya kak ?
riskynasution1896@gmail.com
terima kasih ..

Unknown on 24 Juni 2016 pukul 19.54 mengatakan...

Boleh minta contoh lengkap proposalnya kak? dhiyau.jundana@gmail.com
Terima kasih:)

Unknown on 24 Juni 2016 pukul 19.54 mengatakan...

Boleh minta contoh lengkap proposalnya kak? dhiyau.jundana@gmail.com
Terima kasih:)

Unknown on 26 Juni 2016 pukul 03.14 mengatakan...

Wow,, cri selengkapnya tentang cafe di www.wartaagro.com

Unknown on 26 Juni 2016 pukul 11.18 mengatakan...

boleh minta contoh lengkap proposalnya kak, buat refernsi?
aherdiana5@gmail.com
Terima Kasih..

Unknown on 29 Juni 2016 pukul 15.28 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown on 29 Juni 2016 pukul 15.29 mengatakan...

ka minta contoh lengkap proposalnya boleh? buat referensi tugas kuliah.
nchaerunisa17@gmail.com
terima kasih :)

Unknown on 27 Juli 2016 pukul 08.46 mengatakan...

proposal yang bagus. kalau boleh saya minta yang lengkap donk. aryagalihpriyangga@gmail.com terima kasih.

Unknown on 15 September 2016 pukul 08.51 mengatakan...

minta dong kk...
arminjafar240790@gmail.com

Agus on 3 Oktober 2016 pukul 14.51 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agus on 3 Oktober 2016 pukul 14.52 mengatakan...

boleh kirimin ke email saya juga. Saya sedang memulai usaha dan terkendala dalam proposal yang nantinya akan saya ajukan kepada investor saya. Mohon bantuannya, sekiranya proposal anda dapat saya jadikan acuan utnuk proposal saya. Terima Kasih (aisnaen@gmail.com)

fadlian on 10 Oktober 2016 pukul 01.08 mengatakan...

Proposalnya aku akui bagus,KK admin, buat referensi bisa minta tolong dikirim yang lengkap ke email saya ini .thx

Unknown on 30 Oktober 2016 pukul 17.02 mengatakan...

boleh kirimin ke email saya juga. Saya sedang memulai usaha dan terkendala dalam proposal yang nantinya akan saya ajukan kepada investor saya. Mohon bantuannya, sekiranya proposal anda dapat saya jadikan acuan utnuk proposal saya. Terima Kasih sonyocan@gmail.com

Unknown on 13 November 2016 pukul 01.31 mengatakan...

Kak Boleh minta kirimin proposal nya

helmi.yusrianto@yahoo.co.id

Mohon bantuan nya kak untuk menyelesaikan tugas kewirausahaan


terima kasih

Unknown on 24 November 2016 pukul 18.54 mengatakan...

gan blh minta data'a gak buat revisi proposal ane ?? klau blh kirim ke email ane blc281197@gmail.com

#terima_kasih

Ece on 29 November 2016 pukul 19.02 mengatakan...

Gan postingnya tetap aja bisa di copy (cntr + C)....

Unknown on 10 Desember 2016 pukul 19.35 mengatakan...

mbk boleh minta filenya untuk referensi, ke gatot.apbiz@gmail.com
terima kasih

Unknown on 18 Desember 2016 pukul 15.34 mengatakan...

mbak boleh saya minta file nya untuk referensi? ini alamat email saya ilhamaja468@gmail.com

Unknown on 27 Desember 2016 pukul 20.06 mengatakan...

Destamalhappy@gmail.com buat referensi tugas kuliah kak akasih :)

Unknown on 5 Januari 2017 pukul 23.32 mengatakan...

memang kita kadang sering copas untuk mencari tugas, tetapi kita cantumkan juga blog atau sumber yang kita baca
dan kita sadar akan plagiat

Unknown on 18 Januari 2017 pukul 10.36 mengatakan...

ini email saya kak nina.inggarwati@gmail.com
terimakasih kak..

Unknown on 24 Januari 2017 pukul 14.17 mengatakan...

boleh kirim ke e-mail saya Diennovitasari17@gmail.com makasih sebelumnya kak

dofandri on 2 Februari 2017 pukul 23.49 mengatakan...

Kak minta contoh proposalnya yang lengkap ya, buat referensi saya. kirim ke bimbimahesaputra@gmail.com terima kasih.

Ibnu Habibi on 1 Maret 2017 pukul 11.09 mengatakan...

bang minta yang lengkapnya yah. Setengah aja udah bagus banget, apalagi lengkap. kirim kesini ya: mibnuhabibi@gmail.com

Unknown on 2 Maret 2017 pukul 23.34 mengatakan...

kak boleh minta file nya, tolong kirim di email saya fitriramadhanee@gmail.com, terimakasih banyak kak

Unknown on 4 Maret 2017 pukul 04.53 mengatakan...

gan boleh minta proposal lengkapnya untuk jadi refrensi pembuatan proposal wirausaha, ini email saya Faritzyibrahim@gmail.com

Unknown on 11 Maret 2017 pukul 11.23 mengatakan...

mbak/mas, boleh kirim ke alamat email saya ini enggak mbak/mas. saya membutuhkan referensi untuk tugas kuliah saya. mohon bantuan nya mbak/mas

Unknown on 15 Maret 2017 pukul 11.11 mengatakan...

Boleh minta filenya, untuk referensi proposal usaha Kedai kopi? Ini email saya santideliani@hotmail.com. Terima kasih

Unknown on 15 Maret 2017 pukul 11.12 mengatakan...

Mas/mbak, boleh minta filenya utk referensi buka usaha coffee shop. Ini email saya santideliani@hotmail.com

Unknown on 17 Maret 2017 pukul 10.41 mengatakan...

Ini email saya kak, tolong bantu kak hehe simbohkevin@gmail.com

Unknown on 17 Maret 2017 pukul 10.43 mengatakan...

Ini email saya kak, tolong bantu kak hehe simbohkevin@gmail.com

Dewi nastiti kumala sari on 31 Maret 2017 pukul 14.02 mengatakan...

Pelit cuma setengah 😂

Unknown on 2 April 2017 pukul 21.06 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Virgi andika on 17 April 2017 pukul 19.56 mengatakan...

taeeek ni bloggernya pelit amat . . tujuanya apa coba di posting kalo ganiat ngasih full versi, ga guna , damn

. on 23 Agustus 2017 pukul 12.19 mengatakan...

Kak masih Ada kah file proposal utk coffee shopnya mau dunk k klo masih, Tks sebelumnya ����
eriyani.psy@gmail.com

Unknown on 10 Oktober 2017 pukul 13.56 mengatakan...

Jika masih ada soft copy proposalnya, mau donk dishare lengkapnya.
Terima kasih.
andry.hidayat@gmail.com

Unknown on 17 Oktober 2017 pukul 15.03 mengatakan...

Ini email saya kak, tolong bantu untuk referensi pengetahuan proposal usaha nya.
barcof.gasmin@gmail.com
Terima kasih kak.

Unknown on 18 Oktober 2017 pukul 21.49 mengatakan...

thanks sy mohon di emailkan proposalnya, kebetulan sy sedang lihat2 peluang usaha dan sptnya coffee shop..bukan bisnis musiman, mohon di emailkan ke heriantoni72@gmail.com

Unknown on 6 November 2017 pukul 11.52 mengatakan...

tolong bantu kak , untuk referensi proposala tugas kewirausahaan
asrosarahmat@gmail.com

Unknown on 6 November 2017 pukul 14.34 mengatakan...

Hampir sebulan saya belum terima soft copy proposalnya nih

IlyasSahabatNoah on 26 November 2017 pukul 16.28 mengatakan...

tolong Kak kirim kesini filenya buat referensi tugas manajemen pemasaran , makasih kak
ariharyanto800@gmail.com

Unknown on 29 November 2017 pukul 12.22 mengatakan...

tolong kirim file lengkap ya kakak.. ke qomardromanz@gmail.com
untuk referensi tugas makul keirausahaan... n untuk melihat n mmhami lngkah2 kewirausahaan yg kakak jlankan... mohon bantuannya ya kakak...

Unknown on 16 Desember 2017 pukul 23.01 mengatakan...

kak tolong kirim file lengkapnya ya buat referensi tugas kuliah
ini emailnya amaliacantik31@gmail.com
terimakasih kak

Unknown on 8 Februari 2018 pukul 00.26 mengatakan...

nice, semoga terwujud ya ka impian nya untuk membuka kedai kopi

cycog0d on 24 April 2018 pukul 18.05 mengatakan...

kak bisa minta tolong kirim file proposal lengkapnya ke email saya di cycog0d@gmail.com buat referensi tugas akhir kewirausahaan? terima kasih kak

Unknown on 4 Oktober 2018 pukul 09.18 mengatakan...

kak bisa tolong kirim file proposal lengkap ke email saya
jimmyilhamivanka2000@gmail.com , untuk referensi tugas, terimakasih kak

Unknown on 9 November 2018 pukul 11.37 mengatakan...

kak proposalny bagus, boleh saya minta versi lengkapnyab ? untuk tugas kampus.ini email saya ryanes.160195@gmail.com

dhani on 13 Desember 2018 pukul 13.52 mengatakan...

assalamualaikum kak aku boleh minta versi fullnya ngga? hehe buat referensi tugas dan cara bikinnya kak hehe. makasi sebelumnya. kintanr01@gmail.com

Hanifahmad on 20 Juni 2019 pukul 17.09 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hanifahmad on 20 Juni 2019 pukul 17.11 mengatakan...

Minta lebih detailnya ka soalnya saya untuk tugas kewirausahaan saya ngambil tentang coffeshop terima kasih ka sebelumnya hanifahmadhidayatulloh@gmail.com

Unknown on 15 Juli 2019 pukul 04.24 mengatakan...

kak boleh minta soft copy kirim ke email saya? buat referensi tugas mata kuliah komunimkasi bisnis, thanks. kharismakf@gmail.com

Unknown on 15 Juli 2019 pukul 10.13 mengatakan...

kak boleh minta tolong kirim contoh proposal ini yang lengkap ? untuk menjadi referensi tugas kampus. hanya ingin liat step stepnya saja.
bisa kirim ke zoom_2rd@hormail.com
terimakasih ka

oki on 27 Oktober 2019 pukul 16.40 mengatakan...

kakk mau dong buat referensi tugas kuliahku.. boleh minta tolong di email yaa kakk
sevianaoki@gmail.com

terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Here is Mr Benjamin contact Email details,lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Or Whatsapp +1 989-394-3740 that helped me with loan of 90,000.00 Euros to startup my business and I'm very grateful,It was really hard on me here trying to make a way as a single mother things hasn't be easy with me but with the help of Le_Meridian put smile on my face as i watch my business growing stronger and expanding as well.I know you may surprise why me putting things like this here but i really have to express my gratitude so anyone seeking for financial help or going through hardship with there business or want to startup business project can see to this and have hope of getting out of the hardship..Thank You.

Euphoria on 23 Maret 2020 pukul 10.58 mengatakan...

Hallo ka, boleh minta proposal lengkapnya untuk referensi tugas kwu?

Euphoria on 23 Maret 2020 pukul 10.58 mengatakan...

Email = meylindaes24@gmail.com

DINOVSA on 24 Maret 2021 pukul 08.36 mengatakan...

Hallo kak, mohon maaf bisa kirim proposal lengkap di email: diananovitasari531@gmail.com
makasih

Yhamon_Chan on 20 November 2021 pukul 22.28 mengatakan...

hallo ka, saya sangat suka sama blognya, apakah saya boleh meminta proposalnya untuk referensi tugas kuliah saya? kalau bisa di kirimkan ke email yhamon.93@gmailcom
terimakasih sebelunya ka

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos