Kamis, 27 Desember 2012

REVIEW: ABSTRAK DAN PNDAHULUAN (Jurnal 4)

Diposting oleh Taty saeng G di 16.11
REVIEW

MENINGKATKAN EKONOMI RAKYAT DI KECAMATAN KIARAPEDES KABUPATEN PURWAKARTA DENGAN MELALUI KEGIATAN EKONOMI KOPERASI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHINYA
Oleh
Muhammad Nur Rizal., SE., MM

ABSRAK DAN PENDAHULUAN

NAMA       :  TATY HARLINI MANURUNG
NPM          :  28211269


ABSTRAK

Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa masyarakat kurang menyadari pentingnya membangun perekonomian desanya dengan memalui ekonomi koperasi. Faktor-faktor tersebut dimukinkan karena faktor budaya atau kultur atau kebiasaan masyarakat yang melakaukan kegiatanporekonomiannya secara tradisional, kemungkinan juga karena faktor ketidak tahuan masyarakat atau pengetahuan masyarakat akan pentingnya dan manfaat ekonomi koperasi, serta mungkin karena adanya sosialisasi dari petugas koperasi kepada masyarakat dikarenakan kurang profesionalisme petugas kopersai yang amat sangat kurang. Sehingga dengan adanya faktor-faktor tersebut membuat terhambatnya peningkatan ekonomi rakyat dengan melalui kegiatan ekomnon-d koperasi tersebut.

****


PENDAHULUAN

1.      LatarBelakang

Sebagai warga negara yang balk penulis merasa berkewajiban untuk membangun bangsa dan negara ini, meskipun dalam taraf yang relatif kecil keikutsertaannya. Sebagai anak bangsa yang dilahirkan di wilayah Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, penulis ingin sekali ikut setta atnu berparfisipasi di dalarn membangun demi untuk kemajuan wilayah Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Salah satu langkah yang diambil saat ini oleh penulis adalah dengan mendirikan Lembaga Sosial Masyarakat INSAP (nsfitut Survey danAnalisi Purwakarta), yang mana lembaga ini akan beker a sebagai lembaga survey tetantang semua kegiatan dan kebutuhan masyarakat di wilayah Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, sehingga boleh dikatakan bahwa lembaga ini akan menjadi bank data tetang kegiatan dan tentang apayang menj adi kebutubm masyarakat Kabupaten Purwakarta.
Lembaga Sosial Masyarakat INSAP (Institut Survey danAnalisi Punvakarta) bemnggotakan para pemuda di Kabupaten Purwakarta yang Visi, Misi dan tujuan yang sama. Salah satu kegiatan yang ingin dicanakan oleh lembaga ini adalah meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Purwaarta khususnya di wilayah Kecamatan Kiarapedes yaitu dengan melalui kegiatan membangun ekonomi koperasi, hal ini dikarenakan dengan membangun masyarakat yang sadar akan pentingnya koperasi maka diharapkan perekonomian meraka dapat meningkat.
Koperasi itu merupakan wadah bagi golongan ekonomi lemah, seperti hainya definisi yang diberikan oleh Dr. Fay (1908) yang menyatakan bahwa koperasi adalah suatu perserikatan dengan tujuan berusaha bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangat tidak memikirkan diri sendiri sedemikian rupa, sehingga masing-masing sanggup menjalankan kewaj ibannya sebagai anggota dan mendapatkan imbalan yang sebanding dengan pemanfaatan merekaterhadap organisasi.
Koperasi mengandung dua unsur yaitu unsur ekonomi dan unsur sosial. Koperasi merupakan suatu sistem sementam sistem itu sendiri merupakan himpunan komponen-komponen atau bagian yang saling berkaitan yang secara bersama-sama berfimgsimencao tujuan (cq, tujuan ekonomi). Hal ini berarti koperasi harm bekoja berdasarkan mo­tifekonomi/mencari keuntungan, sedangkan bagian­bagian yang saling berkaitan tersebut merupakan unsur-unsur ekonomi, seperti penggunaan sistem pembukuan yang bake, pelaksanaan pemefflcsaan secara, priodik, adanya cadangan dsb. Sedangkan unsur sosiainya bukan dalam artian dermawan, tetapi lebih ditekankan pada kedudukan anggota dalam organisasi, hubungan sesama anggota, hubungan anggota dengan pengurus. Unsur sosial juga dijumpai dalam cara ker a koperasi yang demokratis, kesamaan deraj at, kebebasan keluar masuk bagi anggota, penaudaraan, pembagian sisa hasil usaha secara proporsionai serta menolong diri sendiri.
Namun demikian banyak faktor yang mempengaruhi kenapa masyarakat kurang menyadari pentingnya membangun perekonomian desanya dengan memalui ekonomi koperasi. Faktor-faktor tersebut dimukinkan karena faktor budaya atau kultur atau kebiasaan masyarakat yang melakaukan kegiatan perekonomiannya secara tradisional, kemungkirmjuga karena faktor kefidak tahuan masyarakat atau pengetahuan masyarakat akan pentingnya dan manfaat ekonomi koperasi, sertamungkin karenaadanya sosiaUsasi dari petugas koperasi kepada masyarakat dikarenakan kurang profesionalisme petugas kopersai yang amat sangat kurang. Sehingga dengan adanya faktor-faktor tersebut membuat terhambatnya peningkatan ekonomi rakyat dengan melalui kegiatan ekonmonu koperasi tersebut.

2.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, dapat dirumuskan sebagai berikut :
Bagaimanakah kondisi ekonomi rakyat di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta saat ini ?
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan ekonomi rakyat di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta dengan melalui kegiatan ekonomi koperasi ?
Sejauh mana faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi penmgkatan ekonomi rakyat di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta dengan melalui kegiatan ekonomi koperasi ?

3.      Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan pokok yang diuraikan di etas sebagai berikut :
Untuk mengetahui kondisi ekonomi rakyat di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta saat ini.
Untuk mengetahui faktor-faktor apa, saj a yang mempengaruhi peningkatan ekonomi rakyat di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta dengan melalui kegiatan ekonomi koperasi .
Untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi peningkatan ekonomi rakyat di Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta dengan melalui kegiatan ekonomi koperasi .

4.      Kegunaan Penelitian
Penelitian ini dibarapkan dapat berguna bagi pihak masyarakat Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta ataupun pihak lain antara lain :
Meningkatkan pengetahuan para praktisi pada bidang manajemen sumber daya manusia.
Sebagai bahan masukan pihak pemerintah Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta untuk lebih meningkatkan kind anyasupayakesejahteraanmasyarakat dapat ditingkatkan dengan menerapkan ekonomi koperasi, sebagai bahan pertimbangan bagi pihak rekan­rekan mahasiswa, yang muldn akan melakukan penelitian tentanghal yang hampir same dengan penelitian ini.

****

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos