Kamis, 27 Desember 2012

REVIEW: PENUTUP (Jurnal 3)

Diposting oleh Taty saeng G di 15.19

REVIEW

MENINGKATKAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM
PERKULIAHAN EKONOMI KOPERASI MELALUI PENDEKATAN
CONTEXTUAL TEACHING
AND LEARNING
Oleh
Y.M.V. Mudayen dan P.A. Rubiyanto

PENUTUP


NAMA       :  TATY HARLINI MANURUNG
NPM          :  28211269


PENUTUP

Berdasarkan hasil temuan temuan lapangan, dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
Penerapan Pendekatan Contexttial Teachingand Learning (CTL) dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan. Ekonomi Koperasi. Hal ini dapat diamati dari basil penerapan pendekatan CTL pada siklus pertama maupun siklus kedua untuk sebagian besar aspek yang mengindikasikan peningkatan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran Ekonomi Koperasi tclah tercapai.
Penerapan Pendekatan CTL pada siklus pertama, pertemuan pertama dan kedua menggunakan metode pemberian tugas lewat pembuatan media mind map, dan diskusi kasus sangat efektif untuk meningkatkan partisipasi mahasisiswa dalam perkuliahan Ekonomi Koperasi.
Penerapan Pendekatan CTL siklus kedua pertemuan pertama dan kedua menggunakan metode pemberian tugas lewat pembuatan media mind reap, dan diskusi kasus pada siklus kedua, serta presentasi basil survey ke koperasi sangat efektif untuk meningkatkan partisipasi mahasisiswa dalam perkuliahan Ekonomi Koperasi.

Berdasarkan simpulan hasil temuan lapangan di atas, dapat diajukan saran-saran sebagai berikut:
Pendekatan CTL sebaiknya dipertahankan dalam. perkuliahan Ekonomi Koperasi pada tahun akademik yang akan datang karma pendekatan CTL terbukti sangat efcktif untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalarn perkuliahan Ekonomi Koperasi.
Ketepatan waktu mahasiswa melakukan eksplorasi (membuat mind reap, dan monger akan kasus serta presentasi basil survey ke koperasi) perlu ditingkatkan supaya perlu ditingkatkan supayaperkuliatian tidak inolor. Hal itu penting dilakukan agar target minimal yang ditetapkan pada siklus pertama maupun siklus kedua untuk aspek tersebut dapat tercapai.
Para mahasiswa sebaiknya diberi contohpembuatan inindmap secarabenar agar tidak ada lagi kelompok yang keliru saat membuat mind map. Hal ini penting dilakukan agar target minimal untuk aspek ketepatan dalam membuat dan menjelaskan mind map dapat tercapai.
Para mahasiswa jugs sebaiknya torus menerus dimotivasi agar semakin memiliki kemauan dan keberanian menjawab pertanyaan yang diajukan dosen dengan inisiatif sendiri. Hal ini penting dilakukan agar target minimal yang ditetapkan dapat tercapai.

****


DAFTAR PUSTAKA

A Forum Bn'cf. 1999. Contextuality Based Leaning Fad or Proven Practise. Tersedia pada hop:11ww-w aypf orglforuinbriefsll 999#bo 70999. h tin. Diakses pada tanggal 20 April 2006.
Sarikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran. Bandung: Rineka Cipta. Brandsford, J. D., A.L.Brown, Cocking, R.Rodney. 1999. How People Learn: Brain Mind, Experience, and School. Washington: National Academy Press. What Do.
Jacqueline Grennon, Brooks., Martin.G. Brooks, 1993, The Case of Constructivist Classroom, Alexandria: ASDC.
Depdikbud. 1998. Penelitian Tindakan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. 2006, Pedoman Penyusunan Usulan danLaporan PPKR Jakarta: Dirjendikti,
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT.
            .2006, Pedoman Penyusunan Usulan clan Laporan PTK. Jakarta: Dirjendikti,
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Ke pendidikan dan Ketenagaan PT.
            1 2003. Kurihihim Berbasis Kompetensi: Pendidikan Ekonomi SIP dan
AHs. Jakarta: Depdiknas.
            . 2003, Pendek-atan Kontekstual. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertarna.
Departemen of Labor. 2001. Job Training Partnership Act, Title 111, Demonstration
Program: Contextual Leaning Demonstration Program. Tersedia. pada Http://
wdsc.doleta.goylsgal99.008sga.lii;?i. Diakses pada tanggal 2 Mel 2006.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos