Rabu, 26 Desember 2012

REVIEW: PERUMUSAN MASALAH (Jurnal 1)

Diposting oleh Taty saeng G di 21.49

REVIEW

PERANAN DINAS PENANANIAN MODAL, KOPERASI DAN PENGUSAHA
KECIL MENENGAH DALAM PENGELOLAAN DANA PINJAMAN
BERGULIR DI KABUPATEN DELI SERDANG
Oleh
Herry Syahrial
Saras Mitha Ramadhan


PERUMUSAN MASALAH

NAMA       :  TATY HARLINI MANURUNG
NPM          :  28211269


PERUMUSAN MASALAH

Penyelenggaraan Program Dana Pinjaman Bergulir bagi KSP/ USP- Kop mengalami banyak kendala dan masalah. Hal yang menonjol adalah kurangnya sosiatisasi dari pengelola dana kepada koperasi-koperasi sehingga menimbulkan persepsi bahwa dana yang dialirkan adalah dana hibah dan bukan dana pinjaman sehingga tidak perlu dikembalikan, macetnya pengembalian pinjaman pokok oleh peserta program yang disebabkan tidak adanya atau kurangnya monitoring, pengawasan dari pengelola dana, bahkan terjadi kesalahan pemberian dana kepada koperasi yang tidak memenuhi persyaratan.

****


METODOLOGI PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menurut Nawawi (1992. 67), metode deskriptif adalah cara memecahkan masalah penelitian dengan memaparkan keadaan objek yang diselidiki sebagaimana adanya berdasarkan fakta­fakta yang aktual pada saat sekarang. Dengan demikian metode ini memusatkan perhatian pada masalah-masalah atau fenomena-fenomena yang ada pada saat penelitian dilakukan atau masalah yang bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki diiringi dengan interpretasi rasional yang akurat. Dimana penelitian ini menggambarkan fakta-fakta dan menjelaskan keadaan dari objek penelitian berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya, dan mencoba menganalisis untuk memberi kebenarannya berdasarkan data yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Penanaman Modal, Koperasi, dan Pengusaha Kecil Menengah Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang berlokasi dijalan Karya Utama No. 4 Lubuk Pakam.
Untuk dapat memperoleh informasi yano., lebih jelas mengenai masalah penelitian yang sedang dibahas, maka dipergunakan teknik informan. Informan adalah seseorang yang benar­benar mengetahui suatu persoalan atau permasalahan tertentu yang darinya dapat diperoleh informasi yang jelas, akurat dan terpercaya baik berupa pernyataan, keterangan atau data-data yang dapat membantu dalam memahami persoalan atau permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan informan kunci {key informan) dan, informan biasa. Informan -kunci adalah informan yang mengetahui secara mendalam permasalahan yang sedan diteliti, sedangkan informan biasa adalah informan yang ditentukan dengan dasar pertimbangan mengetahui dan berhubungan dengan permasalahan saja.
Teknik analisa data   yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif. Teknik analisa data kualitatif adalah teknik analisa yang didasarkan atas kemampuan nalar peneliti dalam menginterpretasikan fakta, data dan informasi. Teknik analisa data kualitatif menyajlkan data kualitatif yano, dikumpulkan metalui teknik pengumpulan data kualitatif seperti keterangan dari informan dan basil dokumentasi, sesuai dengan indikator‑indikator yang digunakan yang telah diuralkan didepan. Data dan informasi yang bersifat kualitatif tersebut selanjutnya diinterpretasikan oleh peneliti sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya.

****

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos