Jumat, 28 Desember 2012

REVIEW: METODOLOGI PENELITIAN (Jurnal 4)

Diposting oleh Taty saeng G di 17.49

REVIEW

MENINGKATKAN EKONOMI RAKYAT DI KECAMATAN KIARAPEDES KABUPATEN PURWAKARTA DENGAN MELALUI KEGIATAN EKONOMI KOPERASI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHINYA
Oleh
Muhammad Nur Rizal., SE., MM

METODOLOGI PENELITIAN

NAMA       :  TATY HARLINI MANURUNG
NPM          :  28211269


Metodologi Penelitian

1.      Kerangka Pemikiran

Salah satu usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta adalah dengan melalui kegiatan ekonomi koperasi, namm demikian banyak faktor yang mempengaruhi kenapa masyarakat kurang menyadari pentingnya membangun perekonomian desanya dengan memalui ekonomi koperasi. Faktor-faktortenebut dimukinkan karena faktor budaya atau kultur atau kebiasaan masyarakat yang melakaukan kegiatan perekonomiannya secaratradisional, kemungkinan juga karena faktor ketidak tahuan masyarakat atau pengetahuan masyarakat akan pentingnya dan manfaat ekonomi koperasi, Berta mungkin karena adanya sosialisasi dari petugas koperasi kepada masyarakat dikarenakan kurang profesionalisme petugas kopersai yang amat sangat kurang. Sehingga dengan adanya faktor-faktor tersebut membuat terhambatnya peningkatan ekonomi rakyat dengan melalui kegiatan ekoiamomi koperasi tersebut.
Berdasarkan uarian tersebut diatas maka nampak dish i bahwa terdapat 3 (tiga) variabel bebas yakni, budaya/kultur masyarakat, pengetahuan masyarakat, dan profesionlisme petugas koperasi dan I (sata) variabel terikat peningkatan ekonomi rakyat di wilayah Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta.

2.      Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan pada masyarakat Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, yang mana di dalam pengumpulan data dan informasi yang menyangkut karakteristik elemen­elemen yang menjadi objek penelitian ini dipergunakan kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan. Hal ini dimaksud untuk mempermudah pengukuran data variabel-variabel yang diteliti. Dengan data kuantitatifyang diperoleh dari kuesioner tersebut dapat dianalisis dengan pendekatan statistik .
Metode pengumpulan data  yang dilakukan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Data Primer / pokok diperoleh dengan cara sebagai berikut :
a.      Wawancara (interview)
Wawancara dilakukan secara langsung dengan para pegawai. Dalam wawancara peneliti mempunyai kesempatan untuk menggali informasi yang berkaitanfakta yang teigadisebenainyadengan variabel-variabel yang berhubungan dengan penelitian dan dirnanfaatkan sebagai data primer.
b.      Observasi
Observasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan melakukan pengamatan padapopulasi yaitu seluruh kegiatan yang dilakukan masyarakat Kecamatan Klapedes Kabupaten Purwakarta.

c.       Kuesioner
Pengumpulan data dengan memberikan serangkaian kuesioner yang berisikan sejumlah pertanyaan yang hares diisi of eh responder yang diambil dari populasi yang ada, dimana pilihan jawaban tertera di bawah setiap pertanyaan. Responder mengisi jawaban yang menurutnyalebih tepat bagi pertanyaan yang dimaksud dengan memberikan lingkaran pada setiap jawaban. Data yang diperoleh merupakan data primer yaitu langsung dari responder selakuobjekpenelitian.

2. Data Sekunder / tambahan diperoleh dengan  cara sbb :
Untuk menunjang data yang diperoleh dari kuesioner maka dilengkapi dengan mated kuliah dan buku kepustakaan lainnya yang dapat membantu mengevaluasi dan menganalisa datayang diperoleh dari penelitian. Studi kepustakgon dilakukan dan disesuaikan dengan masalah yang menj adi pokok pembahasan dan analisis yaitu tentang pengertian manajemen somber daya manusia, Kompetensi atau profesionalisme, Budaya atau Kultur, dan juga tentang Ekonomi Koperasi.

****

Metode Analisis

Hipotesa memberikan dugaan sementara tentang variabel-variabel penelitian serta hubungannya untuk mengw,npulkan informasi yang cocok dengan variabel-variabel penelitian tersebut. Dengan interpretasi tentang konsep variabel yang akan diteliti, dan instrumen yang telah disusun dilakukan penelitian dan observasi. Informasi yang diperoleh dari pengumpulan data diolah dengan metode pengolahan data, yang diteliti.
Metode analisis yang digunakan adalah :
Validitas adalah ukuran yang menunjukkan sejauh mana instrumen pengukur mampu mengukur apa yang ingin diukur.
ReHabilitws adalah ukuran yang menunjukkan konsisten dari alat ukur dalam mengukur gej ala yang &ima di lain kesempatan atau ukuran yang menunjukkankestabHan dalam mengukur, yang mana kestabilan disini adalah kuesioner tersebut konsisten jika digunakan untuk mengukur konsep atau konstruk dari suatu kondisi yang lain.
AnalisaDiskriptif
MetodeAnalisis Korelasi
Untuk meneliti keeratan hubungan variabel bebas danvariabetterikat dipergunakan teori korelasi "product moment" yaitu riflai

****

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taty Harlini Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos